Manfaat Cashless Untuk Keperluan Sehari-hari

Pernahkah anda beli pulsa melalui marketplace dan membayar via mobile banking? Jika pernah berarti anda sudah pernah melakukan transaksi cashless. Orang yang jual pulsa online melalui marketplace nantinya akan menerima pembayaran anda ketika transaksi sudah selesai dilakukan. Itu merupakan salah satu contoh bagaimana manfaat metode pembayaran cashless untuk kehidupan sehari-hari anda. Anda tidak perlu keluar rumah hanya untuk membeli pulsa dan anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika bertransaksi cashless.

Contoh lain penggunaan cashless untuk keperluan sehari-hari adalah bagaimana anda memanfaatkan ojek online sebagai transportasi anda sehari-hari. Jika anda melakukan pembayaran dengan metode pembayaran melalui e-money atau dompet digital yang disediakan oleh provider ojek online anda bisa menghemat uang transportasi anda sebanyak tiga puluh persen. Itu angka yang cukup untuk menjadi alasan anda berpindah dari transaksi tunai ke transaksi non tunai. Selain itu masih banyak sekali keperluan sehari-hari yang bisa anda lakukan pembayaran dengan cashless. Jika anda saat ini hidup di Jakarta dan sekitarnya, anda bisa mendapatkan manfaat lebih banyak penggunaan cashless dalam kehidupan sehari-hari.

Kelebihan Transaksi Nontunai

Saat ini kita akan membahas tentang bagaimana metode pembayaran cashless ini memiliki nilai plus dibandingkan dengan transaksi tunai. Kita akan melakukan komparasi bagaimana sistem pembayaran non tunai ini bisa bekerja lebih baik daripada sistem pembayaran tunai. Mari kita membahas apa kelebihan dari transaksi non tunai ;

  • Meminimalkan Resiko Tertular Penyakit

Sebelum adanya sebuah pandemi virus corona atau covid-19, uang sudah menjadi media penyebaran kuman, virus dan penyakit lain. Apalagi ketika terjadi pandemi seperti saat ini, penggunaan transaksi cashless sangat coronya direkomendasikan agar anda bisa meminimalisir resiko tertular virus yang dibawa oleh uang tunai. Virus ini bisa menempel dan bertahan pada uang kertas dengan baik, pastinya virus ini cukup menakutkan jika sampai harus menyerang diri anda akibat dari penggunaan uang tunai. Dengan besarnya kendala yang mungkin dihadapi ketika bertransaksi tunai tentu saja cashless menjadi pilihan yang masuk akal dan sehat untuk dilakukan. WHO sudah menyatakan bahwa salah satu yang bisa mencegah tertular virus adalah dengan cara bertransaksi cashless.

  • Mudah Bertransaksi

Anda membeli pulsa pada seorang yang jual pulsa online sudah cukup membuktikan bahwa transaksi cashless sangat mudah untuk digunakan untuk bertransaksi. Anda hanya melakukan pembayaran melalui smartphone anda dan semua transaksi beres seketika. Anda tidak perlu ke mana-mana, cukup duduk di rumah dan memanfaatkan smartphone anda untuk bertransaksi. Kemudahan seperti ini hanya bisa anda dapatkan jika anda bertransaksi cashless.

  • Bebas Biaya Admin

Jika anda menggunakan salah satu dompet digital yang sangat banyak digunakan saat ini, anda tidak akan dibebankan biaya admin untuk semua transaksi. Hal ini tentunya membuat anda merasa lebih dimudahkan dengan transaksi cashless. Anda bisa lebih irit dalam penggunaan uang.

  • Banyak Bonus

Penggunaan metode pembayaran cashless sangat menguntungkan untuk anda karena banyaknya bonus yang disediakan masing-masing provider uang elektronik ketika semakin sering anda bertransaksi. Bonus berupa cash back, diskon dan undian merupakan hal cukup menarik ketika anda menggunakan uang elektronik. Dengan banyaknya bonus tentu anda akan bisa lebih menghemat pengeluaran anda saat ini.

Kekurangan Transaksi Cashless

Meskipun banyak sekali nilai plus dari sebuah transaksi cashless, transaksi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang setiap hari kekurangan tersebut berusaha untuk ditambal oleh provider uang elektronik. Kekurangannya antara lain ;

  • Kurang Aman

Transaksi cashless kurang aman hanya berlaku bagi pengguna uang elektronik berupa kartu. Semua jenis kartu uang elektronik yang beredar dari bank mana pun saat ini dirasa kurang aman. Alasannya semua orang yang memegang kartu tersebut meskipun bukan pemilik yang sah bisa menggunakan atau memakai seluruh saldo yang ada pada kartu e-money tersebut tanpa terkecuali. Hal ini disebabkan kartu uang elektronik tersebut tidak membutuhkan otorisasi saat penggunaannya. Tidak salah jika menyebutkan kartu tersebut dirasa kurang aman.

  • Membutuhkan Koneksi Internet

Semua transaksi cashless membutuhkan jaringan internet untuk melakukan transaksi, jika seorang pengguna uang elektronik tidak memiliki akses internet sudah pasti orang tersebut tidak bisa melakukan transaksi. Bahkan reader dari kartu uang elektronik juga membutuhkan jaringan untuk bisa melakukan transaksi. Jika ada gangguan jaringan sudah pasti metode cashless tidak akan berfungsi.

  • Tidak Bisa Digunakan Disemua Tempat

Harus diakui penggunaan cashless tidak bisa dilakukan disemua tempat seperti ketika anda membeli dagangan orang yang jual pulsa online. Ada beberapa tempat yang belum cukup familiar dengan transaksi cashless, khususnya di beberapa daerah yang cukup jauh dari kota. Meskipun semua toko ritel yang memiliki jaringan skala nasional sudah bisa bertransaksi cashless.

Share Button