Apa Itu Layanan E-money?

Uang elektronik atau e-money merupakan gaya hidup baru yang semakin digencarkan promosinya. Setiap bank baik swasta atau milik pemerintah menawarkan layanan uang elektronik ini sebagai pengganti penggunaan uang asli untuk berbagai macam transaksi. Uang elektronik adalah sebuah metode pembayaran cashless atau non tunai. Anda bisa menyimpan uang anda pada kartu e-money yang sudah disediakan oleh beberapa bank. Selanjutnya jika anda ingin bertransaksi, anda bisa menggunakan kartu itu sebagai alat pembayaran. Anda bisa menggunakan kartu ini untuk berbagai macam transaksi di seluruh Indonesia asalkan tempat anda bertransaksi sudah bisa melayani transaksi menggunakan e-money.

Bank Penyedia E-money

Institusi keuangan berupa bank merupakan penyedia utama layanan uang elektronik ini. Sudah sebagian besar bank berskala nasional menyediakan layanan e-money. Biasanya untuk tahap pertama bank akan menawarkan kartu e-money ini kepada nasabah mereka yang selanjutnya akan dijual ke seluruh masyarakat Indonesia meskipun bukan nasabah bank yang bersangkutan. Beberapa bank yang menyediakan e-money adalah sebagai berikut ;

  • Bank Mandiri

Bank ini mengambil peran yang cukup besar pada layanan uang elektronik ini. Bahkan ketika seseorang menyebutkan kata e-money akan langsung spesifik tertuju pada kartu keluaran bank Mandiri karena bank ini memiliki merk E-money untuk kartu uang elektronik yang disediakan. Bank Mandiri merupakan salah satu pelopor bank yang membuat e-money semakin umum di masyarakat.

  • Bank BCA

Bank yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pendiri PT Sampoerna ini juga menyediakan layanan e-money. Merk untuk uang elektronik mereka adalah kartu BCA Flazz. Saat ini hampir semua nasabah bank BCA menggunakan uang elektronik flazz yang sudah sangat terintegrasi dengan baik pada berbagai merchant. BCA Flazz menjadi salah satu merk uang elektronik yang paling banyak digunakan untuk transaksi.

  • Bank BRI

Menjadi sebuah bank yang jangkauannya paling luas, bank BRI juga memiliki merk sendiri untuk uang elektronik mereka. Brizzi adalah merk yang bank BRI pakai untuk kartu uang elektronik mereka. Saat ini Brizzi sudah menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia ketika akan memilih sebuah layanan uang elektronik.

  • Bank BNI

Mengikuti bank lain untuk berperan dalam menggalakkan sebuah gerakan cashless, bank BNI mengeluarkan kartu BNI Tapcash. Kartu uang elektronik ini menjadi tulang punggung utama bank BNI untuk berbisnis pada layanan uang elektronik. Jumlah pengguna produk Tapcash sudah cukup banyak saat ini dan terus berkembang dengan pesat mengikuti gaya hidup nasabahnya yang ingin bergaya cashless.

  • Bank BTN

Jika anda membicarakan sebuah kredit perumahan rakyat atau KPR pasti akan terbesit bank BTN. Menjadi salah satu penyalur utama KPR menjadikan bank ini identik sekali dengan dunia kredit rumah di kalangan masyarakat Indonesia. Saat ini bank BTN juga berbisnis di dunia uang elektronik dengan produk mereka yang bernama Blink atau BTN link. Anda bisa mendapatkan kartu uang elektronik ini di semua kantor cabang bank dan beberapa merchant yang bekerja sama.

Alasan Bank Tidak Punya Produk E-money

Beberapa bank belum mengeluarkan produk kartu uang elektronik mereka, hal ini dikarenakan beberapa bank menganggap pasar uang elektronik ini masih terlalu kecil untuk diperebutkan oleh berbagai bank besar yang sudah menyediakan produk e-money. Meskipun terus tumbuh, pasar uang elektronik dianggap belum cukup besar dan infrastruktur yang belum memadai untuk melakukan transaksi cashless.

Share Button